"JURUSAN GIZI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES RI PADANG" Jalan Pondok Kopi Siteba Phone: (0751) 7051769

Minggu, 15 Mei 2011

KB 1 : Kerusakan Pangan

Kegiatan Belajar  1
KERUSAKAN BAHAN PANGAN
  1. PENGERTIAN 
    Perubahan karakteristik fisik dan kimiawi suatu bahan makanan yang tidak diinginkan atau adanya penyimpangan dari karakteristik normal.
    1. Karakteristik fisik meliputi sifat organoleptik seperti warna, bau, tekstur, bentuk.
    2. Karakteristik kimiawi meliputi komponen penyusunnya seperti kadar air, karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, pigmen dsb.
Kerusakan pangan juga dapat diartikan sebagai penyimpangan yang melewati batas yang dapat diterima secara normal oleh panca indera atau parameter lain yang biasa digunakan oleh manusia. Beberapa bahan dianggap bila telah menunjukan penyimpangan konsistensi kental menjadi encer,maka itu menandakan kerusakan.Contohnya adalah pembusukan buah dan sayuran dari tekstur keras menjadi lunak meskipun masih dalam keadaan segar, terpisahnya susu segar, penggembungan makanan kaleng, penggumpalan tepung, ketengikan minyak goreng, roti berjamur, beras berkutu, gigitan tikus pada karung makanan dan lain-lain.
  1. JENIS DAN PENYEBAB KERUSAKAN BAHAN PANGAN
Bila ditinjau dari dari penyebab kerusakan bahan pangan, maka kerusakan tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis.
  1. Kerusakan Fisiologis dan Biologis 
    Kerusakan fisiologis meliputi kerusakan yang disebabkan oleh reaksi-reaks metabolism dalam bahan atau oleh enzim-enzim yang terdapat didalamnya secara alamiah sehingga terjadi peroses autolisisyang berakhir dengan kerusakan dan pembusukan. Kerusakan biologis adalah kerusakan yang diakibatkan  oleh serangga dan binatang pengerat, burung dan hewan lain seperti tikus, anjing dan lain-lain. Kerusakan fisiologis umumnya terjadi akibat reaksi enzimatik pada sayur, buah, daging, ayam dan pangan. Laju kerusakan biologis dipengaruhi oleh kadar air, suhu penyimpanan, oksigen, cemaran mikroorganisme awal dan kandungan gizi pangan terutama protein dan lemak.
  1. Kerusakan Fisik 
    Kerusakan ini disebabkan oleh akibat perlakuan fisik yang digunakan. Kerusakan pangan yang disebabkan perlakuan fisik contohnya adalah pengerasan lapisan luar (kulit) pangan yang dikeringkan; kesan kulit kering pada makanan beku dan kesan “gosong” pada makanan yang digoreng pada suhu tinggi. “Chill ing injuries” atau kerusakan pangan yang disimpan pada suhu dingin (0-10°C) seperti yang ditemukan pada buah atau sayuran, disebabkan racun/toksin yang terdapat pada tenunan/sel hidup yang dikenal sebagai asam klorogenat. Pada kondisi normal, asam klorogenat dinetralkan / didetoksifikasi oleh asam askorbat. Pada suhu dingin, kecepatan reaksi detoksifikasi lambat sehingga sel buah dan sayur membusuk akibat akumulasi toksin pada jaringan / tenunan buah dan sayur.

    Kerusakan akibat penyimpanan pangan pada kelembaban tinggi (RH > 70%) dapat menyebabkan pangan menyerap air sehingga pada tepung kering dapat menggumpal yang memicu kerusakan mikrobiologis. Kerusakan akibat penyimpanan suhu tinggi (suhu >30°C) pada buah dan sayuran dapat menyebabkan dehidrasi dan keriput kulit akibat keluarnya air dari jaringan. Sedangkan pengeringan dengan suhu tinggi dapat menyebabkan “c ase hardening” atau pengerasan kulit luar pangan akibat kerusakan sel.
  1. Kerusakan Mekanis 
    Kerusakan mekanis disebabkan karena ada benturan-benturan mekanis selama pasca panen, pengemasan, pengangkutan dan penyimpanan pangan. Benturan mekanis dapat mengakibatkan memar pada permukaan kulit dan jaringan pangan, memicu kerusakan lebih lanjut akibat tumbuhnya mikroorganisme.
  1. Kerusakan Mikrobiologis 
    Kerusakan mikrobiologi merupakan bentuk kerusakan yang banyak merugikan hasil pertanian dan berbahaya terhadap kesehatan manusia,karena racun yang diproduksinya terkonsumsi oleh manusia. Kerusakan  mikrobiologis dapat terjadi pada bahan lain atau kebahan pertanian lain, bahan baku, produk setengah jadi atau produk jadi. Penyebab utama kerusakan mikrobiologis adalah bakteri, kapang dan khamir. Cara perusakannya adalah dengan cara menghidrolisis atau merusak jaringan atau makromolekul penyusun bahan menjadi molekul-molekul kecil missal karbohidrat menjadi gula sederhana atau asam organik; protein menjadi peptida, asam amino dan gas amonia; lemak menjadi gliserol dan asam lemak. Terurainya makromolekul ini menyebabkan penurunan pH, penyimpangan bau dan rasa bahkan dapat menghasilkan toksin / racun yang berbahaya bagi manusia seperti racun yang dihasilkan mikroba patogen antara lain Salmonella, Clostridium botulinum, Listeria dan lain-lain.  
    Ikan terserang Mikroba
  1. Bakteri 
    Tumbuh kembang bakteri memerlukan aktivitas air (Aw) lebih tinggi dari pada kapang dan khamir (ragi) yaitu 0,86 sampai mendekati 1. Bakteri dapat tumbuh pada konsentrasi gula 1% dan garam 0,85%. Pada konsentrasi gula 3-4% dan garam 1-2%, pertumbuhan bakteri dapat dihambat.

    Bakteri terdapat di air, tanah, udara, dan pada makanan. Bakteri ada yang bersifat aerob maupun anaerob. Salah satu peranan bakteri menguntungkan adalah kemampuannya dalam menghasilkan flavor yang disukai. Misalnya bau laktat pada mentega, cita rasa asinan pada sayuran, dan flavor keju. Walaupun memang tidak dapat dipungkiri bahwa bakteri dapat pula menghasilkan senyawa yang berbahaya bagi kesehatan

    Ikan Segar terserang Bakteri
  1. Kapang 
    Pertumbuhan kapang memerlukan aktivitas air (Aw) optimum dan kisaran Aw untuk pora-spora bergerminasi adalah berbeda untuk setiap jenis kapang. Aw berkorelasi dengan kadar air, oleh sebab itu dengan pengeringan tertentu dan pengaturan Aw, pangan dapat terhindar dari pertumbuhan kapang
  1. Khamir / Ragi 
    Pertumbuhan khamir / ragi umumnya membutuhkan Aw sekitar 0,88 sampai 0,94. Selain itu khamir relatif dapat tumbuh pada konsentrasi gula (40 – 60%) dan garam lebih tinggi (20 – 26,5%) dari pada bakteri. Beberapa khamir dapat tumbuh pada susu kental manis yaitu pada Aw 0,9; atau roti pada Aw 0,91; bahkan ada yang dapat tumbuh pada sirup yang mempunyai Aw 0,78. Bebarapa jenis ragi penyebab kerusakan antara lain Torulla, Rhodotorulla dan Hansenulla yang dapat mengakibatkan perubahan warna.
  1. Jamur
  1. Jamur dapat memanfaatkan berbagai senyawa untuk hidupnya, dan memerlukan oksigen agar dapat hidup (bersifat aerob).
  2. Rentang suhu optimalnya (suhu terbaik dimana pertumbuhan jamur dapat maksimal) adalah 20-35oC.
  3. Jamur masih tumbuh dalam refrigerator, yaitu suhu antara 10-15oC. Jamur dan sporanya dapat mati pada suhu 100oC, atau pada suhu 71-82oC dalam waktu yang cukup.
  4. Cahaya matahari dapat menghambat pertumbuhan sebagian jamur, tetapi ada juga yang tumbuh dalam cahaya terang.
  1. Kerusakan Kimia 
    Kerusakan pangan yang disebabkan perlakuan kimia biasanya saling terkait dengan jenis kerusakan lainnya. Misalnya adanya panas yang tinggi pada pemanasan minyak mengakibatkan rusaknya beberapa asam lemak yang disebut “thermal oxidation”.Adanya oksigen dalam minyak menyebabkan terjadinya oksidasi pada asam lemak tidak jenuh, yang mengakibatkan pemecahan senyawa tersebut atau menyebabkan terjadinya ketengikan minyak. Pencetus kerusakan pangan yang menyebabkan perubahan kimia pangan dapat dipengaruhi suhu selama reaksi berlangsung; oksigen yang mempercepat reaksi oksidasi; reaksi biologis seperti enzimatik; pH yang mempengaruhi denaturasi protein atau perubahan warna dan adanya logam yang menjadi prekursor reaksi..

    Kerusakan fisiologis juga merupakan kerusakan kimiawi, karena reaksi enzimatis biasanya aktif dalam proses kerusakan tersebut.
EVALUASI
  1. Sebutkan pengertian kerusakan bahan pangan?
  2. Jelaskan jenis kerusakan bahan pangan secara mikrobiologis, biologis, dan mekanis?
  3. Jelaskan perbedaan kerusakan kimiawi dan kerusakan fisik beri contoh?
  4. Jelaskan penyebab kerusakan bahan pangan?
DAFTAR PUSTAKA
  1. Desrosier, N, W. Teknologi Pengawetan Pangan, Terjemahan oleh M. Mulyoharjo, UI Press, 1988
  2. Charley, Helen. Food Science, Ronal Press New York, 1970
  3. gaman, P. P-K. B. Sherrington. Pengantar Ilmu Pangan, Nutrisi dan Mikrobiologi. Gajahmada Press. 1994
  4. Sizer, Frances an Eleanor Whitney, Nutrition Concepts and Controversies, International Thomson Publishing Company, 1997
  5. Meyer. L. H, Food Chemistry, AVI Publ, 1982
  6. Marliyati Sri Anna, dkk; Pengolahan Pangan Tingkat Rumah Tangga. PAU – PG IPB Bogor, 1992
  7. Syarief Rizal dan Haryadi Halid;  Teknologi Penyimpanan Pangan. PAU – PG IPB Bogor, 1992
  8. Syaefullah; Petunjuk Memilih Buah Segar. Penerbit Swadaya. 1996
  9. S. Haris Robert dan Endel Karmas; Evaluasi Gizi pada Pengolahan Bahan Pangan. ITB Bandung 1989
  10. Muchtadi Dedy dkk; Pentunjuk laboratorium Metoda Kimia, Biokimia dan Biologi dan Evaluasi Nilai Gizi Pangan Olahan. PAU – PG IPB Bogor, 1992
  11. M. Syarief Atjang dan John Kumendong; Petunjuk Laboratorium Penyimpanan Dingin. PAU – PG IPB Bogor, 1992

Sabtu, 14 Mei 2011

RPP Ilmu Pangan Lanjut

KERUSAKAN BAHAN MAKANAN
Deskripsi Mata Kuliah
Mata Ajar / SKS             : Ilmu Pangan Lanjut / 1 SKS ( 60 menit)
Program/ Angkatan         : Reguler/ 2010
Semester/ Tahun ajaran  : II/ 2010- 2011
Nama Dosen                    : Ismanilda,S.Pd, M.Pd
Pokok Bahasan                : Kerusakan bahan makanan
Sub Pokok Bahasan        :
  1. Pengertian kerusakan bahan pangan
  2. Jenis – jenis kerusakan bahan pangan
  3. Tanda- tanda kerusakan bahan pangan
  4. Faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan bahan  pangan
                                                 
Standar Kompetensi:
Menerapakan Ilmu bahan makanan dalam memilih, menyimpan, dasar pengolahan bahan makanan setengah jadi.
Kompetensi Dasar:
Mahasiswa mampu memahami dan mengidentifikasi Janis kerusakan pangan.
Indikator:
  1. Menjelaskan pengertian kerusakan bahan pangan
  2. Menjelaskan jenis – jenis kerusakan bahan pangan
  3. Memahami tanda- tanda kerusakan bahan pangan
  4. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan bahan  pangan
                                                                      
Metode        : Ceramah, tanya jawab dan praktek
Media          : White board, laptop, LCD Protector
Kegiatan Pembelajaran termasuk evaluasi:

Waktu
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
1.     Pendahuluan (15 menit)
·         Memberi salam
·         Menjelaskan judul, pokok bahasan, tujuan, dan manfaat pembelajaran
·         Menjawab salam
·         Mendengarkan

2.      Kegiatan Inti: Kuliah dan diskusi (120 menit)
·         Menjelaskan materi tentang pengertian kerusakan bahan makanan
·         Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan responsive
·         Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan
·         Menjelaskan materi tentang jenis kerusakan bahan makanan
·         Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan
·         Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan responsive
·         Menjelaskan materi tentangpenyebab kerusakan bahan makanan secara biologis, microbiologis,fisiologis,mekanis dan kimiawi.
·         Memberikan kesempatan peserta didik bertanya dan responsive
·         Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan         
·         Mendengarkan dan mencatat

·         Bertanya dengan kritis

·         Mendengarkan dan mencatat
·         Mendengarkan dan mencatat
·         Bertanya dengan kritis
·         Mendengarkan dan mencatat
·         Bertanya dengan kritis
·         Mendengarkan dan mencatat
·         Bertanya dengan kritis
·         Mendengarkan dan mencatat
3.     Penutup (15 menit)
·         Melakukan evaluasi secara tertulis (kuis)
·         memberikan jawaban kuis
·         Merangkum hasil pembelajaran
·         Memberi salam
·         Menjawab pertanyaan pada selembar kertas
·         Mengoreksi lembar jawaban teman
·         Mendengarkan
·         Menjawab salam